Batik Motif Aceh Mulai diminati

batik-motif-aceh

batik motif aceh melalui bahan dasar kain tenun mulai diminati warga, terutama pegawai negeri sipil selama daerah itu, papar sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah banyak dan memesan batik selama balai properti batik binaan dekranas aceh. hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota telah memesan agar pakaian wajib tambahan kaum pegawainya, ujarnya dalam banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Modern ) selain agar pakaian dinas sampingan, ada dan bagian swasta semisal perbankan dan juga mencari batik motif aceh, ujar netty dan didampingi koordinator balai rumah batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh antara rp250.000 sampai rp1 juta dan tergantung daripada bidang kainnya.

balai rumah batik rata-rata bisa memproduksi 200 potong bakal kain baju semua bulan. batik dan diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan serta milik dekranas aceh.

( Info: Model Batik Couple ) ia mengatakan, terdapat pilihan jenis kain dan banyak diminati penduduk selama provinsi paling ujung barat sumatera yakni berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) juga sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya yang paling diminati rencong, pintu aceh juga gayo, ujarnya dulu.

netty yang serta kepala bidang promosi pada badan investasi juga beriklan aceh itu menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia juga menyampaikan batik aceh mempunyai motif yang menggunakan unsur alam juga budaya serta perpaduan warna dan menonjol semisal merah, hijau, kuning dan merah muda.

motif yang dimanfaatkan dalam batik aceh juga mengandung makna falsafah hidup penduduk aceh.

netty menyatakan, situs dekranas aceh ke depan properti batik aceh tersebut ingin direnovasi lebih bagus dulu, oleh karenanya menjadi objek wisata juga pusat studi juga pelatihan.

jadi, anak-anak aceh dan memiliki bakat disainer, bisa belajar di balai tersebut, selain untuk melestarikan batik aceh, ujarnya.